Semenjak launching pelayanan haji satu atap di akhir tahun 2016, dan dimulai pada hari Kamis, 1 Desember 2016, Pelayanan Haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar mendapat respon positif dari masyarakat. Banyak masyarakat yang senang karena mereka tidak harus bolak-balik antara Kantor Kemenag dengan ke Bank Penerima Setoran Haji (BPS).
Pelayanan Haji satu atap, one stop service yang pertama di Karisidenan Surakarta merupakan inovasi pelayanan yang diupayakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar. Dimana BPS yang bekerjasama dengan Kemenag seperti Bank Niaga Syariah Solo, BRI Syariah Palur, BSM Palur, dan Bank Panin Dubai Syariah Solo berkantor di Kemenag secara bergantian. Tujuannya tidak lain adalah agar masyarakat yang ingin membuka rekening dan menyimpan setoran awal untuk ibadah haji tidak harus menuju BPS yang lokasinya cukup jauh, namun sudah ada dalam satu ruangan dengan bagian pelayanan haji di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.
Disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Museri bahwa saat ini masyarakat yang mendaftar ibadah haji hanya memerlukan waktu beberapa jam saja, tidak sampai berhari-hari karena inovasi pelayanan haji satu atap ini.
Lebih lanjut Kasi Hajum menyampaikan bahwa masa tunggu keberangkatan ibadah haji ke tanah air hingga saat ini mencapai dua puluh tiga (23) tahun. Jadi kalau masyarakat yang mendaftar haji hari ini, kemungkinan akan berangkat adalah 23 tahun kemudian. Terkait dengan adanya berita penambahan kuota yang diberikan Raja Arab Saudi kepada Indonesia, hal ini belum ada rilis resmi dari Menteri Agama Republik Indonesia, oleh karenanya masyarakat diminta untuk tidak mempercayai beredarnya isu sebelum ada rilis dari Kementerian Agama. (ida/hd)