Membawa oleh-oleh dari Rapat Kerja Nasional Dirjen Bimas Islam Kemenag RI, Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Karanganyar Wiharso menyampaikan orientasi yang harus dilaksanakan jajarannya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan pembinaan dalam kegiatan Rakor Kepala KUA & Penghulu di Resto Jaten, (04/03).
“Ada 5 orientasi yang harus dikedepankan oleh Aparatur Sipil Negara di seluruh Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pertama adalah Peningkatan Disiplin, kedua Profesional, ketiga Bermutu, keempat Penguasaan TIK dan kelima Berprestasi. Dengan melaksanakan hal tersebut, kami yakin ada peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di KUA masing-masing.” Ujar Wiharso.
Selain itu, Plt. Kepala juga menyampaikan terkait program prioritas Kementerian Agama yang disampaikan oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi. Dikatakannya, bahwa program yang disampaikan Menag tersebut harus diketahui semua ASN Kemenag karena hal tersebut yang menjadi perhatian masyarakat terhadap Kementerian Agama.
“Disamping peningkatan pelayanan, kita juga harus memahami program prioritas Kementerian Agama karena hal yang saat ini menjadi perhatian masyarakat di Kementerian Agama. Program prioritas yang disampaikan oleh Menteri Agama ini adalah pemberantasan korupsi, penguatan moderasi beragama, peningkatan layanan haji dan umrah, sertifikasi halal dan peningkatan mutu pendidikan agama dan keagamaan.” Jelasnya.
Kegiatan yang diikuti 30 an Kepala KUA dan Penghulu di 17 Kecamatan ini dihadiri juga oleh Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Museri beserta stafnya. Dalam rakor tersebut, dibahas beberapa persoalan terkini terkait pelayanan pernikahan kepada masyarakat dan jumlah SDM Penghulu di Kabupaten Karanganyar yang dirasa perlu ditambah.